sos2

Kolektifitas yang dibangun oleh program studi ini sangat kuat. Terbukti, saat asesor melakukan diskusi argumentasi dengan para dosen, satu sama lain saling menguatkan dan terlihat sangat kompak.
Jakarta (UNAS) – Meningkatkan kualitas dan menjaga eksistensi dalam sebuah institusi pendidikan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Contohnya saja yang dilakukan oleh program studi (prodi) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional dengan mempertahankan sistem collegialnya, prodi ini dipercaya mampu mewujudkan visi dan misinya dengan cepat dan tepat.

“Sistem yang diterapkan oleh prodi Sosiologi UNAS sangat berpegang pada sistem collegial, sepuluh tahun lalu saya juga melakukan visitasi untuk prodi ini dan perkembangannya terbilang pesat. Saya yakin, jika sistem ini tetap dipertahankan maka untuk mewujudkan visi yang dirancang bukanlah hal yang sulit bagi sosiologi FISIP UNAS,” papar salah satu Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Dr. Partini, SU disela kegiatan visitasi dan akreditasi program studi Sosiologi FISIP Universitas Nasional, Kamis (29/11).

Collegial sendiri merupakan salah satu model dalam perilaku organisasi yang berorientasi pada kerjasama atau teamwork, dimana Karyawan/pegawai pada model ini mempunyai tanggung-jawab dan kesadaran berdisiplin, serta memiliki antusias yang tinggi dalam berkinerja.

Pada kesempatan yang sama, tim asesor lain yang berasal dari Universitas Andalas, Dr. Azwar, M.Si mengungkapkan bahwa kolektifitas yang dibangun oleh program studi ini sangat kuat. Terbukti, saat asesor melakukan diskusi argumentasi dengan para dosen, satu sama lain saling menguatkan dan terlihat sangat kompak.

Selama proses visitasi berlangsung, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional, Prof. Drs. H.B Tamam Achda menjelaskan bahwa kegiatan penilaian ini merupakan salah satu hal yang sangat positif untuk menunjukkan perubahan yang sangat mendasar bagi FISIP Unas. “Saat ini banyak sekali kabar yang mengatakan bahwa relasi yang terjadi di fakultas ini friksinya sangat kuat atau terkotak – kotak. Dengan adanya penilaian BAN PT tersebut, maka kabar ini dapat terbantahkan,” imbuh Achda.

Tidak hanya itu, Achda juga menekankan bahwa FISIP Unas akan selalu berusaha untuk membangun suasana akademik yang kondusif untuk menghasilkan sarjana yang berkualitas dan memiliki integritas yang baik. “Kita selalu ingin memberikan yang terbaik dan dengan adanya proses visitasi dan akreditasi ini tentu diharapkan dapat mendorong kita untuk terus berkembang dan mewujudkan visi serta misi bersama,” pungkas Achda.

Ed. MPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *