Go Green Sosiologi UNAS: Menciptakan Green Leadership Pengolahan Limbah Minyak Rumah Tangga di Tajur Halang Bogor

Sosiologi UNAS Go Green menjadi new social movement bagi para civitas akademik Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional. Gerakan baru ini berupaya untuk mendorong para civitas akademik dan masyarakat di sekitar untuk bergerak bersama melestarikan lingkungan alam. Gerakan pelestarian lingkungan tersebut juga sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menanamkan jiwa Green Leadership yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan alamnya.

Sebagai salah satu Program Studi yang aktif menyuarakan pentingnya pelestarian lingkungan alam, Program Studi Sosiologi mengajak masyarakat Tajur Halang Kabupaten Bogor untuk mengikuti salah satu program Sosiologi UNAS Go Green dalam pengolahan limbah rumah tangga. Program tersebut juga didukung oleh Yayasan Inspirasi Anak Negeri yang diketuai oleh Bapak Darmawan Haryanto, SH. Program pengolahan limbah rumah tangga di lingkungan masyarakat Tajur Halang dimulai pada tanggal 14/03/2021. Jenis limbah yang didaur ulang tersebut yaitu limbah minyak rumah tangga.

Tim dari Prodi Sosiologi UNAS dalam pelaksanaan kegiatan ini dikoordinatori oleh Bapak Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si, juga selaku sebagai Dosen Pendamping Lapangan, kemudian dibantu juga oleh Ibu Ichmi Yani Arinda Rohmah, S.Pd., M.Sosio sebagai Dosen Pendamping Lapangan kedua, yangmana beliau berdua merupakan  Dosen aktif Program Studi Sosiologi FISIP UNAS. Perwakilan Tim Mahasiswa Prodi Sosiologi terdapat lima Mahasiswa, yaitu Clarissa Ramawardika, Yunita Sulis Setiawati, Herdina Syaki, Jaenudin, dan Ochi Alfionita.

Misi utama gerakan Sosiologi UNAS Go Green dalam membentuk Green Leadership di lingkungan masyarakat Tajur Halang ini direalisasikan dalam bentuk kegiatan pemberian sosialisasi berkelanjutan tentang pengolahan limbah, pembagian jerigen untuk menampung limbah minyak, prkatik pengolahan limbah, dan memberikan edukasi tentang fungsi sosial dan ekonomis limbah yang ada di lingkungan masyarakat apabila dikelola dengan baik. Selain itu, kolaborasi yang dilakukan bersama Yayasan Inspirasi Anak Negeri yang juga melibatkan langsung masyarakat Tajur Halang Kabupaten Bogor dapat mengoptimalkan produktifitas pengolahan limbah rumah tangga secara berkelanjutan dengan berbasiskan teknologi digital.

Pada kesempatan pertama tim Sosiologi UNAS bertemu langsung dengan masyarakat Tajur Halang Kabubupaten Bogor pada gerakan Sosiologi UNAS Go Green, terlihat antusias yang sangat tinggi kelompok masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan alam. Selain itu, masyarakat setempat menjelaskan bahwa sifat kolektifitas di lingkungan sosial masyarakat tersebut sangatlah bagus dan memiliki sikap filantropi sosial yang mudah dibina. Dalam hal ini, tim Sosiologi UNAS sangat optimis untuk menjalankan misi utamanya untuk ikut serta membentuk Green Leadership di lingkungan masyarakat Tajur Halang.

Related posts

Leave a Comment