“Podcast Prodi Sosiologi FISIP UNAS: Tolak Perkawinan Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19”

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional bersama Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS) Devisi Sumber Daya Organisasi (SDO) memiliki kegiatan akademik yang cukup menarik di masa pandemi covid 19, yaitu kegiatan sharing dan tonton (Rington). Kegiatan tersebut memiliki konsep seperti podcasting yang dapat dinikmati dalam bentuk video dan audio. Program Studi Sosiologi pertama kalinya mengagendakan kegiatan podcast tersebut yaitu pada tanggal 10 s.d 12 Desember 2020.

Podcast pertama Program Studi Sosiologi mengangkat tema tentang “Tren Perkawinan Anak di Masa Pandemi Covid 19”. Materi podcast tersebut dibawakan oleh Dr.Jenne Noveline Tedja, M.Kesos. yang merupakan Dosen Program Studi Sosiologi FISIP UNAS. Pemateri juga merupakan seorang pakar spesialis kesejahteraan keluarga dan anak. Podcast yang diagendakan terdiri dari 3 seri pembahasan dengan fokus tema yang sama. Ketiga pembahasan tersebut dapat diakses melalui youtube Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Nasional, yaitu: https://www.youtube.com/watch?v=u4OZg3oSiTE . Tayangan podcast yang telah dipublikasikan tersebut dapat dikonsumsi semua pihak dengan tujuan pemberian edukasi pencegahan dan penanganan pernikahan usia dini pada anak.

Dilansir dari penjelasan pemateri podcast menjelaskan bahwa pada masa pandemi covid 19 kasus pernikahan dini yang terjadi pada anak semakin tinggi. Seperti yang dijelaskan bahwa pernikahan dini pada anak akan memberikan resiko yang cukup besar. Pada dasarnya anak-anak usia dini belum memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang kehidupan berumah tangga, dan berbagai persoalan yang dapat menerpa di saat membangun keluarga. Selain itu, penikahan dini pada aspek kesehatan dan psikis anak juga sangat riskan, sehingga dalam hal ini kasus pernikahan usia dini pada anak harus mendapatkan perhatian khusus dan perlu adanya upaya pencegahannya dengan melibatkan beberapa pihak, dari pihak pelaku, keluarga anak, masyarakat, para akademisi, dan pemerintah.

Adanya podcast ini menunjukkan bahwa Prodi Sosiologi dan HIMASOS FISIP UNAS sangat menolak adanya praktik pernikahan usia dini pada anak, hal tersebut karena dapat memberikan dampak negatif pada keselamatan dan masa depan anak. Sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan pernikahan dini pada anak akan tetap diberlangsungkan dengan menggunakan berbagai media, utamanya media digital yang informasinya menjangkau banyak kalangan.

Related posts

Leave a Comment